Jangan Pernah Bosan Mencari Ilmu!!

Blogroll

Pages

Senin, 23 Juli 2012

SISTEMATIKA PENULISAN KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR/ SKRIPSI

1. SAMPUL dan KERTAS

A. Teknik Informatika

Keterangan
Cover luar
Warna Cover
Warna Huruf
Kerja Praktek
Soft Cover
Miilenium
Hitam (standar)
Tugas Akhir/ Skripsi
Hard Cover
Hitam
Kuning emas


B. Teknik Industri

Keterangan
Cover luar
Warna Cover
Warna Huruf
Kerja Praktek
Soft Cover
Biru Laut
Hitam (standar)
Tugas Akhir/ Skripsi
Hard Cover
Biru Dongker
Kuning emas


Naskah diketik pada kertas yang memenuhi persyaratan standar baku:
  1. Kertas HVS (atau sejenis) 80 gr, warna putih dan diketik 1 muka (tidak bolak-balik)
  2. Ukuran kertas 22 x 28 cm atau 8.5 x 11 inch atau ukuran kuarto.
  3. Naskah dibuat minimal rangkap 3 (1 Pembimbing dan 2 Penguji)
  4. Pengecualian untuk menggunakan kertas yang baku, dilakukan bila diperlukan kertas khusus untuk gambar, seperti grafik dan diagram, atau dokumen tertentu dari lembaga/perusahaan/institusi.


2. PENGETIKAN
a. Menggunakan Microsoft Word, dengan jenis huruf yang digunakan adalah Arial dengan ukuran 11 dan dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12 . Untuk tulisan dalam bahasa asing atau yang mempunyai tujuan tertentu dituliskan dalam bentuk Italic atau bergaris bawah atau diapit oleh tanda kutip.

b. Jarak baris (spasi) antar ketikan untuk jenis huruf Arial adalah 1.5 spasi dan untuk jenis huruf Times New Roman adalah 2 spasi, kecuali untuk:
#kutipan dengan panjang lebih dari 3 baris
#judul-judul pada daftar tabel, daftar lampiran dan daftar pustaka yang mempunyai panjang lebih dari 2 baris menggunakan 1 spasi.

c. Batas tepi kiri kertas 4 cm, tepi kanan kertas 3 cm, tepi atas kertas 4 cm, dan tepi bawah kertas 3 cm sehingga ruangan ketikan adalah 14 x 21 cm (lihat gambar).

d. Nomor halaman
1). Bagian awal
Dimulai dari halaman judul sampai dengan halaman ringkasan (abstraksi), diberi nomor halaman dengan angka Romawi Kecil seperti i, ii, iii, iv dan seterusnya yang diletakkan di tengah halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang ketikan.

2). Bagian teks dan bagian akhir
Dimulai dari Bab I Pendahuluan sampai dengan lampiran-lampiran diberi nomor halaman dengan angka Arab seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang diletakkan pada tepi kanan atas dengan jarak 2 spasi diatas baris pertama ketikan lurus dengan batas tepi kanan. Khusus untuk halaman yang mengandung judul bab, nomor halaman diletakkan pada tengah halaman bagian bawah 2 spasi dari batas ruang ketikan.28 cm, no. hal
3. KUTIPAN
  1. Model yang dipakai adalah Penulis – Tahun – Halaman (PTH) atau disebut dengan Author – Date – Page (ADP) Style dengan cara mencantumkan nama penulis – tahun terbitan – nomor halaman yang dikutip.
  2. Nama penulis yang dicantumkan hanya nama keluarga (family name) tanpa
  3. mencantumkan gelar akademik dari penulis.
  4. Bila penulis 2 (dua) orang, kedua nama keluarga penulis tersebut dicantumkan.
  5. Bila penulis lebih dari dua orang, maka yang dicantumkan hanya nama penulis pertama dengan menambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan) atau et al (et alii)
  6. Seluruh sumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan dikumpulkan dalam satu daftar yang disebut Daftar Pustaka.
  7. Pencantuman sumber kutipan dapat diletakkan sebelum atau sesudah kutipan.
  8. Kutipan yang melebihi 3 baris, dipisahkan dari tulisan penulis sehingga pembentuk alinea tersendiri dengan jarak baris satu spasi dan batas kiri 5 ketukan. Sebelum kutipan:

Emory dan Cooper (1995 : 37) mengungkapkan: “The philosophy of science or, morespecifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that help
us dicriminate among the styles of thinking”

Sesudah kutipan:
Demikian pula didefinisikan oleh penulis lain “The philosophy of science or, more specifically,epistemology is the body of knowledge that provides the classification that help us dicriminateamong the styles of thinking” (Emory dan Cooper, 1995 : 37).

Lebih dari tiga baris: Batini et al. (1992 : 4) mendefinisikan sebuah basis data dan kaitannnya dengan sebuah perusahaan sebagai sebuah komponen dari sistem informasi sebagai berikut:
Databases are just one of the components of information systems, which also include application program, user interfaces, and other types of software packages.However databases are essential resources of all organizations, including not onlylarge enterprises but also small companies and individual users”

4. DAFTAR PUSTAKA
  1. Disusun urut abjad berdasarkan nama penulis.
  2. Terdiri dari tiga bagian Nama Penulis – Judul Tulisan – Nama Penerbit
  3. Nama Penulis dimulai dengan nama keluarga, diikuti dengan tanda koma kemudian nama pertama.
  4. Bila nama penulis dua atau tiga orang, hanya orang pertama yang menggunakan aturan butir 3, selebihnya mengikuti apa yang tertera pada referensi.
  5. Bila nama penulis empat orang atau lebih, hanya dituliskan nama pertama mengikuti aturan butir 3 diikuti dengan et al atau dkk.

Contoh:
  • 1 penulis:Situmorang, Ferryanto. Tuntunan Praktis Pemrograman : Membuat Aplikasi FoxPro dengan Generator. Jakarta : Elex Media Komputindo, 1997.
  • 2 penulis: Campbell, Tim S., and William A Kracaw. Financial Institutions and Capital Market. New York : HarperCollins College, 1993.
  • 3 penulis: Hamacher, V. Carl., Zvonko G. Vranesic., Safwat G. Zaky. Computer Organization. 4th ed Singapore : McGraw-Hill, 1996.
  • lebih dari 3 penulis: Watson, Collin J., et. al. Statistics : For Management and Economics. Massachusetts : Allyn and Bacon, 1990.
  • lebih dari 2 buku dari penulis yang sama: Arikunto, Suharsini. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 1990. ----------. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 1991.


Go0d LuCk............ :)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri yang Diunggulkan

Khasiat dan Cara Mengolah Kulit Manggis

Khasiat Kulit Buah Manggis Berikut merupakan beberapa fakta khasiat dan manfaat ku...

About Us

Spice Mag - Premium free blogger template developed by spicytricks.com.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas hendrerit iaculis nunc. Curabitur in eros ipsum. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Duis at mi justo, non suscipit elit. Nunc aliquam luctus adipiscing. Nullam sit amet lacus vitae odio congue mollis eu non magna. Duis sed arcu a libero adipiscing rhoncus. Aliquam erat volutpat. Suspendisse sed nunc metus, sed aliquet arcu.

Blogger news

About Me

Foto Saya
Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Tetala: Nganjuk,10 Januari 1991 Asal : Banjarmasin,KAL-SEL

Pengikut

Search

Blogger templates